Jumat, 21 September 2018

Resensi Buku


HEBATNYA MENJADI SEORANG KARYAWAN
Judul buku: Begini Harusnya Karyawan | Penulis: 
R. Herry Prasetyo| Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Tanpa Tahun | Jumlah halaman: 157 hlm.
Begini harusnya karyawan!!... Pasti kita dengar kata karyawan itu berpikiran yang kerja di perusahaan yang besr fasilitasnya bagus, mendapatkan gaji besar, kebutuhannya tercukupi, dan memiliki fasilitas yang baik. Padahal eorang karyawan sering dikaitkan dengan beberapa ungkapan berikut : gaji kecil, hidup yang pas-pasan, banyak “potongan kantor”, banyak kerja tapi “duit nggak ada”, dan fasilitas kantor seadanya. Beberapa ungkapan tersebut sering terselip dalam rumpian seorang karyawan yang selalu mengeluh dalam kerjanya atau obrolan ringan dikantin, saat rapat, saat berdiskusi, atau saat menuntut kenaikan gaji, seakan tidak ada nada positif yang mendukung seorang karyawan untuk berhasil dalam hidupnya. Situasi inilah yang harus kita sikapi dengan cerdas karena kita harus sukses menjadi karyawan.

           
 Ingatlah, berapa pun penghasilan kita, berapa pun besar gaji kita, kita tetap sering berucap, “Masih belum cukup”. Padahal jenjang karier kita cukup tinggi di kantor dan nasib kita lebih baik dari rekan-rekan kita. Jadi, gaji kita pun pasti sudah layak untuk kehidupan yang kita jalani. Bila rasa “belum cukup” itu sebatas ucapan dan tidak memengaruhi kinerja, tidak jadi soal. Berarti, kita masih memiliki semangat yang tinggi dan bisa diandalkan untuk meraih keberhasilan. Yanga harus kita waspadi adalah bila ungkapan-ungkapan tersebut kita jadikan alasan untuk bekerja seadanya, sesuai argo, seperti yang sering terdengar di lingkungan kerja. Gaji kecil dan fasilitas seadanya menjadikan kita tidak mau atau malas mengembangkan diri. Padahal, bagaimanapun situasi dan kondisi lingkungan kerja, kita harus mengembangkan diri, harus menjaga kreativitas serta gerak pikir sehingga tindakan kita tetap Hidup. Jangan biarkan diri dibunuh oleh gaji, diburamkan oleh buruknya lingkungan kerja dan ditelantarkan oleh sikap yang mudah menyerah.
            Kita perlu ingat bahwa apa pun alasan yang bisa melemahkan diri, tetaplah berusaha menjadi karyawan plus. Dengan memiliki nilai lebih, mempunyai cara pandang yang berbeda, kita bisa meraih keberhasilan tak peduli tinggi rendahnya jenjang karier karena kesuksesan adalah hak setiap orang bukan hanya seorang karyawan saja. Salah satu jalan menuju kesuksesan dalam hidup dan cinta adalah menjadi karyawan, yang saat ini sedang kita geluti, perlu kita ingat, menjadi karyawan merupakan peristiwa yang luar biasa. Kita mengalami beragam momen kehidupan naik turun, susah senang, menantang tetapi juga kadang membosankan, dan peristiwa lain yang menghiasi perjalanan karier. Semua itu berjalan dan kita nikmati dengan suasan haji dan pikiran dinamis. Untuk bisa sukses, kunci semua langkah kita adalah menjadi karyawan yang plus baik dan jujur, karyawan yang memiliki nilai lebih, khas, unik dalam melakukan hal pekerjaan, dan memiliki pikiran yang inovatif dan kreatif, agar yang mendorong pribadi kita menikmati keberhasilan.
            Membaca buku yang berjudul “Begini Harusnya Karyawan!”, yang ditulis oleh R.Herry Prasetyo, isinya sangatlah bagus dan bermanfaat, dan bacanya pun tidak membosankan, karena dalam isi bukunya itu memiliki banyak kata-kata motivasi, motivasinya pun bukan hanya untuk karyawan saja tetapi utuk orang biasa pun yang tidak sebagai karyawan bisa kita ambil ilmunya. Dan yang saya sukai dalam buku tersebut itu ada kata-kata yang memotivasi, kutipan kata-kata nya yaitu “Jadikan diam itu kebijaksanaan dan banyak bicara suatau pencerahan, bukan begitu kawan ??’, atau “tak seorang pun tahu seberapa besar motivasi yang anda punya selain anda sendiri yang sangat mengenalnya”. Motivasi-mitivasi dalam buku ini sangatlah membangun bagi karyawan-karyawan sekarang yang banyak malas-malasan dalam bekerja. Jadi, untuk seorang karyawan wajib yah baca buku “Begini Harusnya Karyawan” tapi bukan hanya seorang karyawan saja sobat, yang bukan seorang karyawan juga bisa baca kok ambil ilmunya dan manfaat nya kawan.
Kesuksesan adalah perjalanan yang dinamis. Jangan terburu-buru berhenti bila telah meraihnya. Kesuksesan yang lebih besar dan hebat masih menanti di depan jalan karier”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar